diposkan pada : 13-09-2019 15:04:20 Pengertian Dan Fungsi Wheel Loader

Pengertian Dan Fungsi Wheel Loader. Wheel Loader merupakan alat pemuat beroda karet (ban), penggunaannya hampir sama dengan Dozer Shovel. Perbedaannya terletak pada landasan kerjanya, dimana landasan kerja untuk whell loader relatif rata, kering dan kokoh. Dipergunakan terutama pada pengoperasian yang dituntut agar tidak merusak landasan kerja.

Secara Umum Wheel Loader adalah alat yang digunakan untuk mengangkat material yang akan dimuat kedalam dumptruck atau memindahkan material ke tempat lain. Saat loader menggali, bucket didorongkan pada material, jika bucket telah penuh maka traktor mundur dan bucket diangkat ke atas untuk selanjutnya dipindahkan.

Fungsi Wheel Loader

Fugsi utamanya adalah untuk memuat material ke dalam alat pengangkut dimana hampir sama dengan dozer shovel yang berfungsi untuk mengangkut dari stock pile ke atas dump truck, mengisi hopper pada AMP, Batching plant dan Crushing Plant. Penggunaannya pada areal yang datar.

Fungsi Lain Dari Wheel Loader Adalah

  1. Pembersihan lapangan atau lokasi pekerjaan (land clearing).
  2. Penggusuran tanah dalam jarak dekat.
  3. Meratakan timbunan tanah dan mengisi kembali galian-galian tanah.
  4. Menyiapkan bahan-bahan dari tempat pengambilan material.
  5. Mengupas tanah bagian yang jelek (stripping)
  6. Meratakan permukaan atau menghaluskan permukaan bidang rata disebut finishing.

 

Metode Kerja Wheel Loader

Terdapat tiga metode Kerja Wheel Loader dalam mengisi muatan ke dalam truck, antara lain adalah :

  1. Metode “shape loading” yaitu truck bergerak maju saat wheel loader mengambil material dari stock pile, dan truck bergerak mundur saat truck akan dimuati oleh loader;
  2. Metode “V-shape loading” pada metode ini truck tidak bergerak, pada saat pengisian material sampai penuh dan wheel loader bergerak maju mundur membentuk huruf V dari arah pengambilan material keposisi truck;
  3. Metode “pass loading” metode ini di gunakan apabila wheel loader tersedia dua unit atau lebih, truck bergerak dari loader ke loader yang lain sampai terisi penuh.