diposkan pada : 13-09-2019 13:34:37 Apakah di Indonesia ada Undang-Undang yang mengatur mengenai K3?

Sangat penting untuk mengetahui tentang keselamatan dan kesehatan di tempat kerja, risiko kecelakaan di tempat kerja dapat terjadi kapan saja. 1/1970 dan No. 23/1992 mengatur keselamatan dan kesehatan kerja.

Tentu saja, tidak ada pekerja yang menginginkan kecelakaan di tempat kerja, tetapi risiko kecelakaan di tempat kerja dapat terjadi kapan saja, di mana saja. Oleh karena itu, keselamatan dan kesehatan di tempat kerja atau perlindungan tenaga kerja adalah salah satu peraturan negara yang menjamin keselamatan dan kesehatan kita di tempat kerja.

Apa keselamatan dan kesehatan kerja (K3)?
Keselamatan dan kesehatan kerja adalah situasi dalam pekerjaan yang sehat dan aman, yang merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan, serta untuk masyarakat dan lingkungan di sekitar pabrik atau tempat kerja.

Keselamatan dan kesehatan juga merupakan upaya untuk mencegah munculnya hal-hal yang tidak diinginkan yang menyebabkan kecelakaan di tempat kerja.

Apakah Indonesia memiliki undang-undang yang mengatur K3?
Hukum yang mengatur K3 adalah sebagai berikut:

Undang-Undang Keselamatan Kerja No. 1 tahun 1970
Undang-undang ini dengan jelas mengatur tanggung jawab manajemen di tempat kerja dan pekerja untuk memastikan keselamatan kerja.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan.
Undang-undang ini menyatakan bahwa perusahaan secara khusus diminta untuk memeriksa kesehatan fisik, kondisi mental, dan kemampuan fisik karyawan baru dan mereka yang akan dipindahkan ke pekerjaan baru, sesuai dengan sifat pekerjaan yang diberikan kepada karyawan, serta pemeriksaan kesehatan berkala. Sebagai gantinya, pekerja juga diharuskan memakai APD dengan benar dan benar dan mematuhi semua persyaratan keselamatan dan kesehatan yang diperlukan. UU No. 23 tahun 1992, pasal 23 tentang kesehatan kerja juga menekankan pentingnya kesehatan kerja, sehingga setiap karyawan dapat bekerja dengan cara yang sehat tanpa membahayakan diri mereka sendiri dan masyarakat sekitar hingga produktivitas optimal tercapai. Oleh karena itu, kesehatan kerja mencakup layanan kesehatan kerja, pencegahan penyakit akibat kerja dan persyaratan kesehatan kerja.

Undang-Undang Angkatan Kerja No. 13 tahun 2003
Undang-undang ini mengatur semua masalah yang terkait dengan pekerjaan, mulai dari upah, jam kerja, hak-hak ibu, cuti untuk bekerja hingga keselamatan dan kesehatan kerja.

Untuk memperjelas dan melengkapi undang-undang ini, pemerintah juga mengeluarkan keputusan pemerintah (RR) dan keputusan presiden tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3), termasuk:

Keputusan Pemerintah Republik Indonesia No. 11 tahun 1979 tentang Keselamatan Kerja dalam Pemurnian dan Pemrosesan Minyak dan Gas Bumi
Keputusan Pemerintah No. 7/1973 tentang pengawasan distribusi, penyimpanan, dan penggunaan pestisida
Keputusan Pemerintah No. 13 tahun 1973 tentang manajemen dan pengawasan keselamatan kerja di industri pertambangan
Keputusan Presiden No. 22 Tahun 1993 tentang Penyakit yang Timbul dari Hubungan Perburuhan